Resiko Dan Keuntungan Menjadi Penjual Online

Dalam menjalankan bisnis online, besar kecilnya keuntungan yang diperoleh tergantung oleh ketekunan serta optimalisasi web site maupun media on-line yang digunakan. Kisah sukses Brodo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis UKM untuk segera membangun toko on-line. Berdasarkan arahan Remco inilah Brodo mencoba menjajaki web sebagai media pemasaran. Remco yang juga pendiri TokoBagus.com (sekarang dikenal dengan OLX.co.id) meyakinkan Yukka dan Putera jika pemasaran lewat Facebook dan BBM akan menemui titik jemu sehingga diabaikan calon konsumen. Oleh karena itu, perlu adanya toko online pribadi sebagai media penjualan.

Untuk berjualan di marketplace di internet tidak dibebankan biaya sama sekali. Hanya saja mereka biasanya mengambil persentase kecil dari setiap transaksi yang terjadi dan juga biaya iklan agar produk penjual bisa tampil di depan saat pembeli melakukan pencarian suatu produk. Masalah waktu seringkali juga masih menjadi kekurangan dalam aktivitas on-line shopping ini.

Dari sudut pandang buyer, bisnis online adalah surga belanja yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun dengan lebih cepat. Namun bukan hanya itu, dengan melakukan pembelian secara on-line, maka Anda dapat lebih cepat membandingkan harga produk dari satu toko on-line dengan banyak toko on-line lainnya. Hal ini tentunya memudahkan Anda untuk membeli produk yang Anda butuhkan, dengan harga yang tepat. Selain buka 24 jam, web sendiri unggul dalam kemampuannya yang bisa diakses oleh seluruh orang di dunia. Tak sebanding dengan toko atau kantor biasa yang biasanya hanya melingkupi space beberapa kilometer saja.

Keuntungan memiliki toko online

Tapi kalau kita memilih untuk memiliki toko on-line, maka kita tidak membutuhkan tempat fisik untuk berjualan. Seperti yang kita lihat, kalau toko konvensional dan online bisa jelas terlihat dari tempat usaha dan cara menjual barangnya. Kebanyakan, toko online tidak memiliki toko fisik seperti toko konvensional. Cukup membeli minimal beberapa produk awal, setelah itu sudah resmi menjadi reseller dan akan mendapatkan potongan harga khusus. Salah satu pelaku usaha yang menawarkan peluang reseller ini adalah Rineka Wahidarestu yang memiliki online shop dengan nama Quin Shabby.

Sayangnya tidak semua perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman mampu menjamin keamanan terhadap barang kirimannya. Jadi, akan sangat beresiko jika produk Anda termasuk barang yang rentan terhadap kerusakan akibat benturan. Resiko menjadi penjual online berikutnya adalah seringkali memperoleh feedback negatif dari konsumen.

Pertanyaannya adalah apakah kita akan terus menjadi konsumen, atau mulai mencoba membuat karya digital kita sendiri? Dengan berbagai kemudahan dukungan #teknologi yang tersedia saat ini, nampaknya bukan perkara sulit untuk menciptakan produk digital pertama kita. Nah untuk memberi tambahan semangat, berikut ini kami ulas beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh dengan membuat produk digital milik kita sendiri.